c. OHSAS / SMK3

Statistik Kecelakaan Kerja

Mempromosikan K3 merupakan salah satu jobdes di pekerjaanku sekarang. Sudah lebih dari 5 tahun, aku dan team berusaha agar yang namanya kecelakaan di tempat kerja dapat dikurangi dari tahun ke tahun. Berbagai cara pun ditempuh, mulai dari rapat2 K3, pelatihan-pelatihan K3, inspeksi tempat kerja dan kegiatan K3 lainnya. Namun, aku lihat dalam statistik kecelakaan kerja dari tahun ke tahun,  belum memuaskan signifikansi penurunan jumlah kecelakaan kerja. Pertanyaannya adalah apakah usaha menurunkan jumlah kecelakaan kerja belum MAKSIMAL? …. jawabannya, memang aku rasa demikian. Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja susah diturunkan, misalnya masalah komitmen K3 dari manajemen, organisasi K3 yang kurang efektif, program K3 yang kurang tepat,  masalah anggaran K3 kurang cukup, reward K3 yang tidak ada, pengetahuan K3 pada karyawan yang kurang dan faktor-faktor lainnya.

Aku pun mencoba membandingkan data statistik kecelakaan kerja periode 2007 – 2011 menurut versi Jamsostek sebagai berikut :

Ternyata…eh ternyata secara NASIONAL kondisi kecelakaan kerja ternyata setiap tahun mengalami kenaikan. Lho…kok bisa???  Apakah perusahaan – perusahaan di Indonesia juga kurang usahanya dalam mempromosikan K3???. Kalau demikian, salah siapa ini, pemerintah ? manajemen perusahaan ? atau karyawan itu sendiri yang cuek terhadap K3 sehingga banyak terjadi kecelakaan ?.

Kalau mau salah menyalahkan sih …urusan yang gampang. Aku kira harus ada solusi fundamental untuk mempromosikan K3  secara lebih maksimal di negeri ini. Kalau dari pemerintah Republik Indonesia, sudah menekankan kembali pentingnya K3 yakni dengan dikeluarkan PP no. 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau SMK3. PP 50 tersebut mewajibkan bahwa setiap perusahaan harus menerapkan SMK3. Namun, pertanyaannya…Efektifkah PP 50 tersebut untuk memperbaiki kinerja K3 perusahaan di Indonesia ? Kita pun harus melihat data statistik kecelakaan kerja tahun depan.

Andi wahyudin

Quality Assurance & Certification Officer

About these ads

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) of Plantations

Diskusi

4 thoughts on “Statistik Kecelakaan Kerja

  1. wuisss ngeri juga ya.. kita harus serinng baca kayak gini.. btw Tips aplikasi praktis tentang k3 bisa di baca di blog ini pelatihan k3 umum, terimakasih banyak…

    Posted by vdityv | 26 Oktober 2012, 2:17 am
  2. maaf, data tersebut hanya kecelakaan kerja secara global ya?
    ada gak yang lebih terspesifik, misal hanya untuk bidang jasa kontruksi saja, atau industri logam saja gitu…
    terima kasih banyak…. ^_^

    Posted by gemix | 15 Desember 2013, 8:12 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 813 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: