b. ISO 14001

Teori Kebakaran ( 2 )

Memadamkan peristiwa kebakaran dapat dilakukan dengan prinsip menghilangkan salah satu atau beberapa unsur dalam proses nyala api  ( See : Teori Kebakaran 1 ), beberapa cara memadamkan api yaitu :

A. Pendinginan ( Cooling )

Salah satu cara yang umum untuk memadamkan kebakaran adalah dengan cara pendinginan/menurunkan temperatur bahan bakar sampai tidak dapat menimbulkan uap atau gas untuk pembakaran. Salah satu bahan yang efektif terbaik menyerap panas adalah Air. Pendinginan permukaan biasanya tidak efektif pada produk gas dan cairan yang mudah terbakar dan memiliki flash point dibawah suhu air yang dipakai untuk pemadaman. Oleh karena itu media air tidak dianjurkan untuk memadamkan kebakaran dari bahan cairan mudah terbakar dengan flash point di bawah 100 oC atau 37 oC. Dalam kasus kebakaran bahan cair atau gas , penggunaan air dapat digunakan untuk mendinginkan area / lokasi yang belum terbakar.

B. Penyelimutan ( Smothering )

Dengan membatasi/mengurangi oksigen dalam proses pembakaran api akan dapat padam ( See : Teknik pemadaman Manual ).

C. Menstop supplai bahan bakar ( Starvation )

Pemindahan bahan bakar unutk memadamkan api lebih efektif akan tetapi tidak selalu dapat dilakukan untuk prakteknya mungkin sulit, sebagai contoh pemindahan bahan bakar yaitu dengan memompa minyak ketempat lain dan memindahkan bahan – bahan yang mudah terbakar. Cara lain adalah dengan menyiramkan bahan bakar yang terbakar tersebut dengan air atau dengan membuat busa yang dapat menghentikan/memisahkan minyak dengan daerah pembakaran.

D. Memecahkan rantai reaksi kimia ( Breaking Chain Reaction )

Cara ini menggunakan bahan kimia yang bernama Halon, bereaksi untuk memisahkan jenis bahan kimia aktif pada reaksi nyala api (prosesnya diketahui chain breaking). Namun penggunaan Halon sebagai media pemadam sudah dilarang , tetapi sudah ada media pengganti halon.

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: