b. ISO 14001

Strategi Pengelolaan Limbah

Dalam kegiatan usaha apapun baik industri, perdagangan, ataupun lainnya, pasti akan menghasilkan limbah. Limbah adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan. Limbah yang dihasilkan , ada yang mempunyai dampak negatif ke lingkungan yang menimbulkan pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan hidup sendiri adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Tentunya dalam melakukan kegiatan usaha, kita harus memahami bahwa ” Bumi ini adalah Titipan Anak Cucu, bukan Harta Warisan untuk Anak Cucu ”. Artinya jangan sampai ketika kita melakukan kegiatan usaha menjadikan bumi ini semakin rusak . Pencemaran terjadi baik di darat, air ataupun udara akibat limbah yang dihasilkan sehingga generasi penerus kita mendapatkan warisan yang buruk dalam kehidupannya.

Untuk mencegah ataupun meminimumkan kerusakan akibat limbah , terdapat konsep pengelolaan sebagai berikut :

Dalam konsep tersebut, terdapat istilah 4R yakni Reduce, Reuse, Recycle dan Recovery.

REDUCE   : upaya    untuk    mengurangi    pemakaian / penggunaan    bahan    baku seefisien  mungkin  didalam  suatu  proses  produksi.  Juga  memperhatikan  agar limbah yang terbuang menjadi sedikit.

REUSE : upaya penggunaan  limbah untuk digunakan kembali tanpa  mengalami proses pengolahan atau perubahan bentuk. Reuse dapat dilakukan didalam atau diluar daerah proses produksi yang bersangkutan.

RECYCLE : upaya pemanfaatan limbah dengan cara proses daur ulang  melalui pengolahan fisik atau kimia, baik untuk menghasilkan produk yang sama maupun produk yang berlainan. Daur ulang dapat dilakukan didalam  atau diluar daerah proses produksi yang bersangkutan.

RECOVERY   :    upaya  pemanfaatan   limbah   dengan   jalan  memproses   untuk memperoleh kembali materi / energi yang terkandung didalamnya.

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: