c. OHSAS / SMK3

Mengapa harus OHS/K3 ?

Berbagai alasan perusahaan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( SMK3 ) ataupun Occupational Health and Safety Assesment Series ( OHSAS 18001 ). Ada yang sekedar ikut-ikutan trend, upaya pencitraan perusahaan, memenuhi keinginan pelanggan ( Customer ), benar-benar mengganggap OHS / K3 merupakan kewajiban perusahaan untuk menerapkannya ataupun kombinasi berbagai alasan.

Berikut gambaran mengenai mengapa perusahaan menerapkan OHS / K3 :

  1. Alasan PERTAMA bahwa OHS / K3 merupakan Hak Asasi Manusia ( HAM ). Tentunya setiap manusia membutuhkan kenyamanan, keselamatan dan kesehatan dalam hidupnya. Terutama dalam bekerja , setiap karyawan ingin berangkat kerja dalam keadaan sehat dan selamat, pulang ke rumah pun sama kondisinya.
  2. Alasan KEDUA bahwa perusahaan perlu memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku baik undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan menteri, keputusan menteri dan lainnya. Peraturan tersebut tentunya dibuat untuk menjamin terpenuhinya standar-standar keselamatan dan kesehatan bagi setiap manusia.
  3. Alasan KETIGA bahwa pemakaian biaya dalam operasional perusahaan haruslah efisien. Dengan banyaknya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan menyebabkan biaya operasional perusahaan semakin meningkat seperti biaya pengobatan, kompensasi, biaya lembur bertambah, kehilangan produksi dan lainnya ( See : Biaya Kecelakaan ). Disinilah kinerja perusahaan ( produktivitas ) akan terpengaruh jika OHS / K3 perusahaan buruk.
  4. Alasan KEEMPAT bahwa perusahaan harus mempunyai citra yang baik untuk para stakeholder seperti pembeli, masyarakat dan pemerintah. Citra yang baik akan meningkatkan nilai tambah perusahaan. Dengan menerapkan OHS / K3 , orang akan percaya bahwa perusahaan sangat peduli dengan K3 yang merupakan kebutuhan setiap manusia.

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: