b. ISO 14001

Mengenal BOD dan COD

Dalam kegiatan pengukuran kualitas limbah cair industri, terdapat beberapa parameter yang diperiksa oleh laboratorium lingkungan. Dari beberapa parameter air limbah, BOD5 dan COD merupakan dua parameter yang biasa diperiksa.

1. BOD5 ( Biochemical Oxygen Demand, 5 days )

Industri yang menggunakan bahan-bahan organik, baik alami maupun sintetis, akan menghasilkan limbah cair yang mengandung senyawa organik. Salah satu jenis senyawa tersebut adalah senyawa organik terurai ( biodegradable organics ) atau senyawa yang dapat dikonsumsi oleh mikroba.

Parameter BOD5 sebenarnya menunjukan jumlah oksigen ( mg O2 ) yang dikonsumsi mikroba aerobik saat menguraikan organik terurai dalam waktu 5 hari pada 1 liter limbah cair. Contoh : BOD5 = 100 mg/l berarti dalam 1 liter limbah cair terdapat sejumlah organik terurai yang membutuhkan O2 sebanyak 100 mg agar mikroba aerobic dapat menguraikannya dalam 5 hari.

Organik terurai ( biodegradable organics ) : terdiri dari berbagai senyawa organik yang dapat diuraikan oleh mikroba, seperti karbohidrat, protein, sukrosa, glukosa dan lemak.

2. COD ( Chemical Oxygen Demand )

Selain senyawa organik terurai , limbah cair juga megandung senyawa organik yang tidak terurai ( non biodegradable organics ). Untuk memperkirakan jumlah total ke-2 jenis senyawa organik tersebut, dapat digunakan parameter COD.

Parameter COD sebenarnya menunjukan jumlah oksigen ( mg O2 ) yang ada dalam senyawa oksidan yang dibutuhkan untuk menguraikan seluruh senyawa organik yang terkandung dalam 1 liter limbah cair. Contohnya, COD = 150 mg/l berarti dalam 1 liter limbah cair terdapat senyawa organik jumlahnya setara dengan 150 mg O2.

Selisih antara nilai COD dan nilai BOD 5 dari suatu limbah cair dianggap menunjukan jumlah senyawa organik tak terurai.

                             Jumlah organik tak terurai = COD – BOD5

Organik sulit terurai ( non biodegradable organics ) : Terdiri dari berbagai jenis senyawa organik yang sangat sulit diuraikan oleh mikroba, seperti herbisida, deterjen, sellulosa, minyak dan oli.

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Mengenal BOD dan COD

  1. terimakasih,,singkat padat dan jelas,,buat refrensi tuk jawab seminar nih..

    Posted by yana | 31 Desember 2012, 4:29 am
  2. Salam pak Andi. Saya mau tanya utk BOD5, perhitungannya adl BOD hari 0 dikurangi BOD hari ke-5 (stl inkubasi). Utk limbah tahu jika diukur dgn alat DO meter (dissolved oxygen) BOD hari 0, cuma 2 ppm (mg/L), stl inkubasi 5 hari,BOD <1.
    Perhitungan utk mencapai angka 100mg/L itu bagaimana ya?

    Terima kasih
    Teddy

    Posted by Teddy | 28 Maret 2014, 11:18 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: