c. OHSAS / SMK3

Beda Kronis dan Akut ?

Penggunaan istilah akut dan kronik untuk menggambarkan kondisi suatu penyakit sering kali salah kaprah. Hal ini umum terjadi di kalangan non medis yang tidak mengetahui perbedaan akut dan kronik.

Akut, istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi tiba-tiba, dalam waktu singkat, dan biasanya menunjukkan gangguan yang serius. Untuk menggambarkan tingkat nyeri (rasa sakit), istilah akut digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang hebat dan tajam. Demikian juga untuk perdarahan akut, menandakan perdarahan yang terjadi cepat dan tiba-tiba dan biasanya merupakan kondisi yang serius yang memerlukan pertolongan medis segera.

Kronik, istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi dalam periode lama, berulang, terjadi perlahan-lahan dan makin serius. Berbeda dengan akut, kondisi kronik adalah proses yang terjadi secara perlahan, makin lama makin parah atau menjadi berbahaya. Sebagai contoh, suatu penyakit mungkin ditandai gejala yang ringan sehingga si penderita membiarkan saja tanpa diobati. Seiring dengan waktu, penyakitnya makin parah dan berpotensi membahayakan.

Jadi bisa dibilang kalau kedua istilah itu digunakan untuk membedakan waktu terserangnya penyakit. Kronis digunakan untuk sakit yang sudah cukup lama/ menahun, sementara akut digunakan untuk sakit yang datangnya secara tiba-tiba. Masih ingat kan ya dengan kasus kematian Alm. Adji Masaid. Dokter memvonisnya terkena serangan jantung akut, yang artinya serangan jantung secara tiba-tiba dan bahkan belum diketahui gejala sebelumnya. Sementara, kalau seseorang yang sudah tahu kondisi sakitnya (misalnya sakit jantung bertahun-tahun) dan gejalanya pun dirasakan secara perlahan, bisa dibilang penyakitnya adalah penyakit jantung kronis.  Jadi, kalau sudah tahu perbedaan maknanya, semoga kita ga salah lagi ya menggunakan istilah-istilah itu

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Beda Kronis dan Akut ?

  1. Link ini (http://iin-green.web.id/2011/05/18/bedanya-kronis-dengan-akut/) punya loe juga ya bro, alinea terakhirnya sama persis.. Cuma yg itu ditulis tgl 18 Mei 2011, punya loe september 2011..

    Posted by Asgaard | 24 November 2012, 12:31 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: