d. Sustainable Palm Oil

Konsep Keberlanjutan – 3P

Suatu bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan, diharapkan dapat terus berlanjut operasionalnya dalam periode waktu tak terbatas. Kalau kita menjadi pengusaha, tentunya kita mengharapkan bisnis akan terus berlanjut sampai anak cucu keturunan kita.  Kalau bisa, terus berlanjut hingga sampai tujuh turunan ( hehehehe…kok terkenal sebutan hanya sampai tujuh turunan yah??? ngga delapan turunan atau sembilan turunan, ada yang tahu ? ).

Akhir-akhir ini , mulai hangat dan ramai dibicarakan oleh para pelaku bisnis dunia mengenai konsep keberkelanjutan yang dikenal dengan sebutan Triple Bottom Lines ( 3P = Profit, Planet and People ). Konsep 3P dianggap sebagai pilar utama dalam membangun bisnis yang keberlanjutan.

1. Profit ======> Economy

Perusahaan melakukan bisnis baik skala kecil ataupun skala besar mempunyai tujuan sama yakni mencari keuntungan / profit. Bisnis yang berlanjut adalah bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan secara terus menerus, tiada henti. Untuk menghasilkan keuntungan yang berlanjut, tentunya kita harus mempunyai strategi-strategi bisnis yang tepat baik dari segi teknologi , produksi , pemasaran dan segi-segi lainnya.

2. Planet =======> Environment

Tentunya, Kita memanfaatkan lingkungan di planet bumi ini dalam kegiatan operasional perusahaan kita seperti penggunaan  air,  listrik, bahan bakar , kertas , dan lainnya.  Andaikan, lingkungan hidup kita  rusak , pastinya kita akan kesulitan / tidak akan bisa menjalankan operasional dengan baik. Air , tanah dan udara yang tercemar akan menghentikan bisnis perusahaan kita, tidak akan berlanjut. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan lingkungan sehingga kelestariannya dapat terjaga. Paling tidak dampak negatif yang dihasilkan dari operasional perusahaan dapat diminimalkan.

3. People ========> Society

Yah, manusia….merupakan faktor penting dalam bisnis berkelanjutan. Kita harus memperhatikan mereka. Manusia disini bisa dari karyawan ataupun masyarakat yang ada di sekitar perusahaan kita. Untuk karyawan, kita harus memperhatikan tingkat kesejahteraan mereka….keselamatan dan kesehatan mereka….Coba kalau karyawan yang ahli banyak yang keluar ( resign ), akan bermasalah dalam operasional kita…Ingat membentuk tenaga ahli bukan perkara mudah dan singkat….ataupun karyawan yang banyak mengalami kecelakaan kerja…betapa besar biaya dan konsekuensi yang harus ditanggung perusahaan.

Untuk masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan, kita juga harus perhatikan. Mungkin ada sebagian masyarakat, yang mendapatkan dampak positif dengan kehadiran perusahaan kita. Namun, ada juga masyarakat yang mendapatkan dampak negatif dari keberadaan perusahaan. Kita harus memperhatikan mereka, pemberdayaan masyarakat  ( Community Development ) itu penting…Kalau bisa membantu mereka untuk dapat meningkat pendapatan / taraf hidupnya.

Dahulu, banyak perusahaan hanya memperhatikan PROFIT-nya doang…Namun, dengan realita yang ada dimana planet bumi kita makin rusak, para karyawan dapat dengan mudahnya berdemo….( demo masak ,ya…), masyarakat makin mudah marah ( kok…bisa ??? ), sering terjadi konflik dengan perusahaan…Banyak perusahaan makin menyadari bahwa mereka juga harus memperhatikan masalah PLANET dan PEOPLE. Sekarang, banyak perusahaan yang mulai menjalankan konsep keberlanjutan – 3P dengan mengadakan program CSR ( Corporate Social Responsibility ), penerapan sistem manajemen lingkungan ( ISO 14001 ), OHSAS / Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) , RSPO ( Roundtable on Sustainbility Palm Oil ) dan banyak lagi.

Baca juga : Link ini

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: