f. QHSE Stories

Pelatihan Tanggap Darurat Gempa, Pencemaran / Kebocoran B3 dan Huru-Hara

Pada hari Kamis tanggal 22 September 2011 , kembali aku diberikan tugas oleh manajemen untuk memberikan pelatihan yang bertema “ Tanggap Darurat Gempa, Pencemaran /Kebocoran B3 dan Huru – hara “. Pelatihan ini dilaksanakan di Bakrie Club yang diikuti oleh para karyawan PT. Bakrie Sumatera Plantations Kisaran Sumatera Utara sebanyak 25 orang.

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut salah satu temuan ( Non Conformity ) sertifikasi audit eksternal oleh PT. Sucofindo dimana salah satu temuannya adalah sebagai berikut :

Catatan pelaksanaan simulasi untuk dua tahun terakhir yaitu terhadap potensi kebakaran. Padahal dari hasil identifikasi potensi keadaan darurat yaitu : kebakaran, pencemaran atau kebocoran B3, darurat banjir, bencana gempa bumi, dan huru-hara. Terhadap potensi yang lain selain kebakaran belum ada catatan telah dilakukan simulasi. (6.7.2)

Temuan ini dimunculkan oleh auditor karena pelatihan dan simulasi tanggap darurat yang selama ini dilakukan hanya masalah Kebakaran saja. Padahal ada beberapa jenis kondisi tanggap darurat yang telah diidentifikasi dan dituangkan dalam prosedur tanggap darurat. Namun, ALHAMDULILAH, dalam audit sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( SMK3 ) tahun 2011 ini, perusahaan  berhasil mempertahankan Bendera Emas dengan pencapaian 91% terpenuhi standar SMK3 dimana dari 166 kriteria audit SMK3, hanya ada 15 temuan kriteria.

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Pelatihan Tanggap Darurat Gempa, Pencemaran / Kebocoran B3 dan Huru-Hara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: