3. QHSE Opinion

Nasehat untuk HSE Officer

Mengajak manusia ke arah kebaikan hidupnya adalah suatu pekerjaan mulia.  Namun, dalam upaya untuk merubah manusia dari keburukan ke jalan kebaikan, bukanlah perkara dan pekerjaan yang mudah. Berpuluh, beratus, beribu bahkan sampai ratusan ribu nabi telah diutus ALLAH tetapi hanya sedikit yang mau mengikuti dan konsisten di jalan kebaikan. Sebagian besar manusia, senang terhadap keburukan yang sesuai dengan hawa nafsu yang dimilikinya. Oleh karena itu, dalam upaya mengajak manusia dalam kebaikan, dibutuhkan KESABARAN.

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, nasehat menasehati supaya menaati kebenaran, dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr : 1-3)

Kalau berbicara tentang tugas seorang HSE Officer, maka inti pekerjaannya hampir sama dengan tugas dari para nabi/rosul dan para ustadz / da’i. Kalau mereka mengajak manusia untuk mendapatkan KESELAMATAN DUNIAWI dan tentunya keselamatan akherat. Nah, kalau seorang HSE Officer, tentunya mengajak para karyawan untuk selamat dan sehat dalam melaksanakan pekerjaannya ( Keselamatan Duniawi ) tanpa ada KECELAKAAN DAN PENYAKIT AKIBAT KERJA. Disinilah, seorang HSE Officer membutuhkan kesabaran dalam melaksanakan tugasnya karena merubah kebiasaan yang buruk seseorang, perlu pendekatan yang intens dan tepat cara.

Beberapa rekan2 HSE Officer, saya amati lupa akan ini dimana tidak sabar dalam memberi bimbingan kepada para karyawannya. Terkadang, ketika melihat karyawan melakukan tindakan berbahaya, mereka marah2  ( murka ) yang tidak mengarahkan. Padahal seseorang yang melakukan tindakan tidak aman (unsafe action ) bisa jadi karena beberapa faktor seperti dibawah ini.

Dari keterangan diatas, terlihat bahwa tindakan berbahaya dilakukan oleh karyawan relatif lebih disebabkan oleh keliru, tidak sadar dan tentunya kurang pengetahuan dan ketrampilan. Seorang HSE Officer harus memahami bahwa PEMBINAAN adalah lebih penting dari PENINDAKAN. So, jangan cepat marah jikalau ada karyawan melakukan tindakan tidak aman di lokasi kerja.

Maka, nasehatku untuk para HSE Officer :

1. Berbahagialah, karena Engkau mendapatkan tugas mulia yang sangat bermanfaat untuk kebaikan hidup manusia.

2. Janganlah mengeluh, marah atau jengkel jikalau karyawan tidak juga meningkat kepedulian terhadap Keselamatan, Kesehatan Kerja  dan Lingkungan. Bersabarlah, karena saya yakin apa yang disampaikan ke karyawan akan merubah sesuatu baik kecil ataupun besar.

3. Teruslah memperbaiki diri dalam keilmuan dan ketrampilan. Kalian harus terus meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional yang akan memperkuat motivasi kita dalam bekerja.

Demikianlah nasehat saya untuk para HSE Officer. Semoga ALLAH terus memperbaiki kualitas diri kita dan menjadikan kita orang2 yang beruntung di dunia dan akherat. Amin.

Salam peduli Mutu, Lingkungan dan K3

Andi wahyudin

 

 

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

12 thoughts on “Nasehat untuk HSE Officer

  1. Saya setuju…

    Posted by gresby | 23 Februari 2012, 10:21 am
  2. terima kasih…. dan mohon bimbingannya….

    Posted by zul hendrah | 9 Juli 2012, 5:58 pm
  3. bagaimana jika perusahaan memang tidak menyediakan fasilitas safety yang memadai dan memenuhi standar bagi para pekerjanya pak? padahal pekerja tersebut ingin melakukan dan memakai fasilitas safety yang memenuhi standar untuk melakukan pekerjaan yang beresiko.

    Posted by dewi | 19 Januari 2013, 12:04 pm
  4. selamat pagi pak andi wahyudin..mohon bimbingan nya pak..
    pak saya baru di angkat menjadi seorang HSE Officer di perusahaan saya tempat bekerja.mau kah bapak untuk memberikan program-program kerja seorang HSE Officer pak.mohon balasan nya segera ya pak..
    atau bapak bisa langsung memberikan nasehat atau program kerja seorang HSE Officer lewat email saya pak ini alamat emailnya pak maikelmarea@windowslive.com
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih pak andi..

    Posted by maikel marea | 19 Februari 2013, 1:48 am
  5. Bismillah, pak saya lulusan dari FKM di salah satu univ di daerah jawa barat, saya sangat tertarik dengan dunia K3 atau HSE. Saya ingin bertanya kepada bapak, apakah menjadi seorang HSE harus lulusan dari K3/Teknik LIngkungan/dll? Jujur saja, saya bukan dari peminatan K3, namun saya tertarik dan ingin bekerja sebagai seorang HSE, dan ketika kuliah saya juga sering sharing kepada teman2 K3 dan ada beberapa mata kuliah yang materinya hampir sama dengan pemintan K3. Terima kasih pak.

    Posted by sumarwati | 9 Maret 2014, 11:32 am
    • tergantung requirement oleh perusahaan yg mau merekrut….biasanyaklo HSE Officer untuk fresh graduate , memang harus dari lulusan K3 ( FKM ) atau Teknik Lingkungan… namun, jurusan diluar itu, juga bisa kok…asalkan minimal punya sertifikat HSE dasar-nya…

      Posted by andi wahyudin | 9 Maret 2014, 4:54 pm
  6. kalau rekan2 kerja memang sepertinya tidak bisa diarahkan bgmn pak? disamping itu perusahaan tidak ada sanksi untuk karyawan yang melanggar apapun itu kebijakan perusahaan. jangankan pekrja, supervisor pun nampaknya tidak peduli akan kebijakan perusahaan..bgmn itu pak? saya sudah 3 tahun berusaha mengarahkan dan merubah cara berpikir rekan2 akan keselamatan kerja namun nampaknya berjalan ditempat pak..berbagai macam metode sudah kami pakai namun sia2 sepertinya..mohon pencerahan pak..thanks

    Posted by allan | 9 November 2014, 9:56 am
    • untuk mencapai budaya k3 yg baik di perusahaan , itu memang tidak mudah… perlu proses perjuangan yg tidak pendek…klo sy sendiri, pake tahapan dalam mengkampanyekan k3 yakni meningkatkan awareness/kesadaran untuk level manager & senior staff…sy berikan pemahaman keilmuan K3 dalam rapat P2K3 tiap bulan dengan penyampaian materi2 k3 yg saya desain menarik… namun, tetap saja, msh ada kendala masalah komitemen top manajemen yg msh belum terlalu kuat,,, walaupun, belum cukup berhasil…tapi sy cukup puas dengan keberhasilan untuk memberikan pemahaman yg lebih baik kepada jajaran manajer & senior staff tersebut…

      Posted by andi wahyudin | 9 November 2014, 1:37 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: