f. QHSE Stories

Minor Finding : Notulen Rapat P2K3

Dalam audit re-sertifikasi SMK3 Tahun 2011 yang lalu, ada satu temuan / minor finding yang terkait dengan masalah notulen Rapat P2K3. Berikut temuan auditnya :

Tidak terlihat adanya mekanisme evaluasi dari rekomendasi tindakan perbaikan yang di terbitkan di rapat bulanan P2K3.

Reference : SMK3 Clausul 1.4.7

Notulen rapat tersebut dibuat oleh saya selaku sekertaris P2K3 dan disebarkan ke seluruh peserta rapat bulanan tersebut. Namun, eksternal auditor melihat bahwa hasil-hasil rekomendasi/keputusan rapat P2K3,  tidak ditemukan bukti tindaklanjut / follow up dari setiap lokasi yang menjadi penanggungjawabnya dan tidak ada mekanisme evaluasinya.

Memang saya akui, sering terjadi PDCA dalam rekomendasi/keputusan dalam rapat P2K3 yang sudah ditetapkan. Tentunya PDCA tersebut bukan singkatan dari Plan-Do-Check-Action seperti dalam konsep sistem manajemen tetapi pemlesetan dari Planning-Doang-Cuek-Aja….artinya kita cuma dianggap pandai merencanakan doang saja, untuk mengerjakan, mengevaluasi dan memperbaiki tugas yang sudah direncanakan, belum dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Lokasi yang harusnya menfollow up rekomendasi/keputusan rapat, sering tidak menindaklanjuti. Jadi alurnya sebatas, terima notulen —->baca sekilas/tidak baca sama sekali alasan sibuk —–> difilekan saja/tanpa follow up.

Akhirnya , saya perbaiki format notulen rapat P2K3 dengan menambahkan verifikasi keputusan/tindak lanjut untuk memperbaiki temuan audit tersebut. Verifikasi saya lakukan pada kesempatan rapat P2K3 di bulan berikutnya. Berikut contoh perubahan notulen rapat P2K3 :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Salam K3L,

Andi wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: