e. QC Laboratory

Inspeksi Bahan Kimia di Laboratorium

Di hari sabtu yang mendung ini, aku coba share sebuah topik : ” Inspeksi Bahan Kimia di Laboratorium “. To the point aja,ya…Dalam melaksanakan manajemen laboratorium yang baik, maka kita harus memperhatikan mengenai Manajemen Bahan Kimia. Penyediaan bahan kimia harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya karena jika tidak akan menimbulkan masalah. Semisal, banyaknya bahan kimia yang disimpan di gudang kimia, menyebabkan masalah seperti bahan kimia yang melebihi batas kadaluarsa.

Bahan kimia yang melewati batas kadaluarsa, terutama bahan kimia toksik atau B3 akan memerlukan dana yang besar untuk pembuangannya. Kadang kadang, biaya yang dikeluarkan untuk menangani limbah bahan kimia akan lebih besar dari waktu pembeliannya.

Tips manajemennya adalah sebagai berikut :

Buatlah daftar nama bahan kimia yang digunakan, jumlah perkiraan penggunaan ( quarter, semester, atau tahunan), type yang digunakan dan stok bahan kimia yang ada.

Direkomendasikan untuk melakukan pemesanan bahan kimia minimal per 3 bulan sebelumnya. Jangan melakukan pemesanan bahan kimia hanya jika bahan kimia sudah habis .

Jangan tergoda membeli bahan kimia lebih dari yang dibutuhkan, walaupun harga yang ditawarkan sangat menarik.

Cukup jelas,kan tipsnya…

Inspeksi Bahan Kimia

Kembali lagi ke topik mengenai inspeksi bahan kimia, maka untuk mengechek kondisi bahan kimia, apakah sudah kadaluara atau belum, agar diperhatikan label yang ada dalam kemasan bahan kimia sebagai berikut :

Nah, sekarang kita sudah tahu dimana kita check keterangan kadaluarsanya,kan? Label kemasan bahan kimia diatas merupakan label kemasan produksi MERCK yang lama. Sekarang sesuai dengan GHS , maka label kemasan bahan kimia menjadi seperti dibawah ini. Apa itu GHS, nanti kita bahas pada kesempatan mendatang.

 

Terima Kasih,

Andi wahyudin

Spesialist for QHSE of Plantations

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: