c. Rubber Factory

Spesifikasi Produk SIR

Kalau dalam sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja , kita mengenal semboyan “Safety First” yang artinya utamakan keselamatan. Maka untuk sistem manajemen mutu, kita juga harus mengenal semboyan “Quality is first ” yang artinya kualitas adalah hal yang utama….Hari ini aku coba share mengenai implementasi sistem manajemen mutu di pabrik karet…yah, keseharian aku memang sangat terkait erat dengan pengendalian kualitas karet…Langsung saja,ya… bahwa Menghasilkan produk karet alam yang berkualitas merupakan salah satu tujuan dalam penerapan sistem manajemen mutu di pabrik karet. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction) selama ini, harus selalu dipelihara, jangan sampai terjadi klaim / komplain. Salah satu yang harus dipelihara adalah dengan mengirimkan produk karet yang memenuhi spesifikasi yang sudah ditetapkan.

Dalam memproduksi produk karet alam yang mempunyai jenis karet Standar Indonesia Rubber (SIR) baik itu SIR 3CV, SIR 3L, SIR 10, SIR 20, maka spesifikasi kualitas produk tersebut, mengacu kepada SNI 1903 : 2000 – Standar Indonesia Rubber sebagai berikut :

Kualitas karet SIR yang baik, harus memenuhi spesifikasi SIR sesuai standar SNI diatas, baik untuk parameter Kadar Kotoran, Kadar Abu, Kadar Zat Menguap, Plastisitas Retention Index (PRI), Plastisitas (Po) dan parameter pendukung lainnya.

Sebenarnya sudah ada perubahan acuan standar spesifikasi yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional BSN yakni SNI 1903 : 2011 – Karet Spesifikasi Teknis yang mulai berlaku bulan juli 2012 kemarin. Namun, Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (GAPKINDO), meminta adanya penundaan berlakunya SNI terbaru tersebut selama 1 tahun karena ada beberapa hal yang perlu direview ulang. Berikut standar spesifikasi produk SIR sesuai SNI 1903 : 2011.

Moga bermanfaat.

Andi wahyudin

Spesialist for QHSE of Plantations

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: