a. Rubber Plantation

Sistem Jaminan Mutu BOKAR

Bahan Olah Karet ( Bokar ) rakyat merupakan salah satu sumber bahan baku untuk pabrik-pabrik karet ( crumb rubber ) di Indonesia. Dalam praktek di lapangan, mutu Bokar yang diperjualbelikan masih banyak yang bermutu rendah. Petani dan pedagang Bokar rakyat masih memperjualbelikan Bokar dengan mutu yang tidak memenuhi SNI. Industri crumb rubber pun terpaksa membeli jenis Bokar yang dijual oleh pedagang dengan mutu yang bervariasi karena kurangnya pasokan Bokar. Kualitas Bokar menjadi rendah karena masih dijumpainya kontaminan yang ditambahkan pada saat pembekuan lateks (antara lain: kaolin, pupuk, dll) serta penambahan kontaminan vulkanisat karet oleh petani atau pedagang pengumpul dengan tujuan menambah berat Bokar.

Dalam      rangka   pengembangan  mutu   Bokar,   telah   diterbitkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 38/Permentan/OT.140/8/2008 tanggal 12 Agustus tahun 2008 tentang Pedoman Pengolahan Dan Pemasaran Bahan Olah Karet ( Bokar ) yang ditindaklanjuti dengan Peraturan  Menteri perdagangan  No.53/M-DAG/PER /10/2009 tentang Pengawasan Mutu Bahan Olah Komoditi Ekspor Standar Indonesia Rubber.

Berikut saya tampilkan ebook tentang Pedoman Penerapan  Sistem Jaminan Mutu Bokar oleh Kementrian Pertanian yang ditujukan sebagai panduan bagi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar ( UPPB ) sehingga bokar yang dihasilkan dan diperdagangkan memenuhi standar yang dipersyaratkan

Pedoman penerapan jaminan_mutu_bokar_final from Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: