c. OHSAS / SMK3

Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK )

kartu-jamsostekBeberapa hari ini kita melihat sebuah berita yang cukup memprihatinkan tentang ” Perbudakan di Pabrik Panci Tangerang “. Betapa kita menyaksikan, para karyawan pabrik ilegal tersebut sangat tidak diperlakukan secara manusiawi oleh majikannya. Bekerja dari jam 07.00 – 22.00 WIB, kekerasan kerja terjadi mulai dari penamparan, pemukulan sampai penyiraman kaki dengan cairan aluminium, tidak boleh mandi dan gosok gigi, istirahat malam disekap didalam kamar yang pengap, tidak diberikan gaji, bahkan sholat pun tidak diperbolehkan. Benar2 perbudakan yang nyata di negara yang katanya sudah merdeka.

Alhamdulilah, saya panjatkan puji syukur atas nikmat-nikmat ALLAH yang telah diberikan kepada saya dan keluarga. Perusahaan dimana saya bekerja sekarang memberi perhatian yang cukup kepada karyawan-karyawannya dengan fasilitas dan tunjangan yang baik. Misal : Kewajiban setiap perusahaan untuk memberikan jaminan baik Jaminan Pemeliharaan Kesehatan ( JPK ), Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK), Jaminan Hari Tua ( JHT ) dan Jaminan Kematian ( JK ) telah dipenuhi perusahaan baik melalui JAMSOSTEK atau dikelola sendiri melalui rumah sakit perusahaan ( JPK ). Di pulau jawa, saya punya keluarga yang mana perusahaan tempat dia bekerja belum mengikutsertakan karyawannya ke dalam program JAMSOSTEK. Benar-benar menguras tabungan jika ada keluarga mereka yang sakit, perusahaan tidak memberikan bantuan sama sekali.

Malam ini, saya share mengenai pembayaran iuran JAMSOSTEK. Saya kira, kita perlu mengetahui berapa % dari gaji kita yang harus dibayarkan perusahaan. Terkhusus rekan2 SHEQ, agar dipelajari mengenai ketentuan JKK sampai mekanisme klaim pembayarannya.

Picture1

Untuk % pembayaran iuran JKK, tergantung kelompok jenis usaha dari kelompok I s.d V yang bisa dipelajari di Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang sudah mengalami perubahan kedelapan di tahun 2012.

Sebagai contoh : Jika perusahaan kita termasuk Kelompok I dan gaji kita per bulan Rp. 5.000.000,-, maka iuran JKK yang harus dibayarkan perusahaan adalah :

= Rp. 5.000.000 x 0.24%

= Rp. 12.000,- / bulan

Semoga bermanfaat,

Terima Kasih,

Andi wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: