e. QC Laboratory

Knowledge Sharing ” Peralatan Laboratorium “

KSMalam ini, saya mo share mengenai topik Knowledge Sharing / KS atau berbagi pengetahuan. Tentang konsep KS ini, di beberapa perusahaan di Indonesia sudah melaksanakannya dengan sebutan Knowledge Management / KM. Dalam kesempatan kali ini, saya tidak membahas KM secara lebih luas. Rekan2 yang mo mempelajarinya, bisa tanya mbah google saja karena KM menurut saya sangat bagus untuk dilaksanakan di sebuah perusahaan🙂. Kembali ke laptop….Bahwa salah satu alasan saya dalam ngeblog adalah untuk berbagi pengetahuan. Yah…berbagi itu mengasyikan…mampu memelihara semangat belajar. Mengapa berbagi itu penting ? Karena kita butuh pengetahuan. Kita pastinya merasa senang mendapat pengetahuan dari postingan artikel di blog-blog yang dibuat oleh rekan-rekan kita. Namun, terkadang saya merasa prihatin, dengan sedikitnya praktisi SHEQ di Indonesia yang aktif ngeblog.. Mungkin sibuk, ngga pandai ngeblog atau pun malas, alasan mereka.

Kalau dalam pekerjaan, untuk membentuk teamwork yang kuat, maka budaya membagi pengetahuan baik antar pimpinan, pimpinan ke anggota atau anggota antar anggota perlu digalakkan. Ada sebuah kalimat bijak yang yang sangat baik untuk kita fahami bahwa  :

Knowledge is not Power, Shared Knowledge is Power

Artinya kurang lebih bahwa pengetahuan bukanlah kekuatan, tetapi pengetahuan yang dibagi adalah sebuah kekuatan. Ya…apalah artinya, seseorang dalam team sangat PINTAR tetapi anggota team yang lain, banyak yang lemah pengetahuan sehingga tidak optimum produktivitas teamnya. Team yang baik, adalah team yang kompak, sesama anggota team saling dukung-mendukung. Salah satunya adalah dengan berbagi pengetahuan.

Di departement QHSE PT. Bakrie Sumatera Plantations, yang masih membawahi Quality Control , saya coba untuk membangun team analyst yang kuat. Caranya dengan melaksanakan knowledge sharing per 3 bulan. Pengetahuan yang dibagi ke anggota, beraneka ragam baik pengetahuan dasar laboratorium, Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan dan K3.

Berikut saya berikan contoh presentasi dasar laboratorium yang dibawakan untuk para analyst.

Modul 1. peralatan laboratorium from Andi Wahyudin

Semoga bermanfaat,

Wassalam,

Andi wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: