d. Palm Oil Mill

Opportunities for Improvement OHSAS

Assalamualaikum,
Pada awal Desember 2013, saya mau posting artikel dengan topik “ Opportunities for Improvement (OfI) OHSAS 18001 “. Rekan2 QHSE yang baik hatinya ( MT Mode On )….Sebenarnya OfI itu apa sih? Rekan2… tentunya sudah mengetahui, kan? Atau ada yang belum tahu,nih ? Baiklah, saya akan jelaskan secara singkat.

Ya, OfI merupakan nama lain dari istilah Observasi dalam laporan audit. Selain temuan dalam bentuk ketidaksesuaian ( Nonconformity ), biasanya auditor juga memberi input ke perusahaan berupa OfI. OfI sendiri merupakan input audit yang berguna untuk meningkatkan proses yang ada. OfI dilaporkan jika terdapat potensi perbaikan dalam penerapan sistem manajemen mutu, lingkungan dan K3 sehingga lebih efektif atau pun efisien untuk mencapai sasaran perusahaan.

Di akhir bulan Okober 2013 yang lalu, perusahaan kami menghadapi audit eksternal OHSAS 18001:2007. Ada beberapa OfI dalam laporan auditnya. Berikut saya sampaikan salah satunya :

ofi OHSAS

Ya, salah satu OfI OHSAS 18001 : 2007 yang kami terima adalah perlunya dibuatkan materi training yang baku untuk keperluan safety induction, salah satunya. Safety Induction sendiri merupakan kegiatan safety yang diberikan kepada pekerja baru, tamu atau pihak-pihak yang perlu mengetahui tentang safety dalam sebuah pabrik/proyek. Hal ini tentunya sangat diperlukan sehingga kita menjaga karyawan kita dan orang lain yang berada di tempat kerja kita untuk selamat dan sehat selalu. Akhirnya, untuk menindaklanjuti OfI tersebut dengan melakukan rapat P2K3 yang menghasilkan draft presentasi power point tentang safety induction ( pengenalan K3 ) sebagai berikut :

Materi Safety Induction

Kami ( team P2K3 ) sebenarnya ingin membuat safety induction dalam bentuk video. Namun, hal ini tentunya membutuhkan effort yang cukup besar. Insya Allah, di waktu yang akan kita akan mengusahakan untuk mengerjakan video tersebut sehingga lebih baik dalam presentasinya nanti.

Semoga bermanfaat,
Salam QHSE,
Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Opportunities for Improvement OHSAS

  1. Artikel yang menarik pak, terima kasih. Apakah materi presentasinya sama untuk refresh training karyawan? Durasinya berapa lama? frekuensinya berapa?

    Posted by andi aryono | 5 Desember 2013, 2:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: