f. QHSE Stories

Kegiatan K3 Akhir 2013

Assalamualaikum…

Tak Terasa sudah masuk tahun 2014… Begitu cepat waktu berlalu, menyisakan kenangan2 bersama keluarga dan teman2 dengan segala ceritanya. Cerita indah, tentunya akan memberi kebahagian jika dikenang. Sedangkan cerita tak enak, harus segera dilupakan dan dijadikan referensi perbaikan ke depan.

Kalau aku coba menflashback tahun 2013 yang sudah dilalui, masih ada sedikit ketidakpuasan terhadap pencapaian2 target yang didapat. Terkhusus target di bidang profesi QHSE, masih ada 2 PR yakni a) Menyempurnakan QHSE Database, ternyata masih belum rampung sistematikanya b) Ngeblog QHSE di http://www.abunajmu.wordpress.com , ternyata target statistic 100.000 agak sedikit meleset. Memang, masalah utama dalam hidup ini adalah mengalahkan diri sendiri. Kemalasan dengan segala alasan, sering melanda dalam melakukan kegiatan2ku. Harus ada perbaikan Manajemen Diri ( Self Management ) untuk mendapatkan yang terbaik di hari-hari mendatang.

Di penghujung tahun 2013, ada beberapa kegiatan K3 yang aku laksanakan yakni :

1. Pelatihan Internal Auditor SMK3 Sertifikasi Depnakertrans
Pelatihan ini harus diikuti akibat ada temuan audit SMK3 oleh Sucofindo. Perusahaanku belum ada Internal Auditor SMK3 Sertifikasi Depnakertrans ( Hanya ada Internal Auditor OHSAS ) dimana ternyata ada regulasi yang mengaturnya yakni dalam Kep. Dirjen no 24 Thn 2006 – Pedoman Pelatihan dan Penunjukan Auditor SMK3. Klik disini untuk mendownload regulasinya. Pelatihan ini diselenggarakan oleh PT. Phytagoras di Hotel Orion Swiss Bell Kemang Jakarta, tanggal 18 – 20 Desember 2013.

Internal Auditor SMK3

2. Pelatihan Penyelidikan Kecelakaan
Pelatihan ini dilaksanakan karena ada temuan audit OHSAS 18001 oleh TUV Rheiland yang mana Laporan Investigasi dibuat oleh personil yang belum dilatih. Pelatihan ini diselenggarakan secara In House Training pada tanggal 10 Desember 2013.

Investigasi Kecelakaan

3. Pelatihan dan Simulasi Kebakaran
Pelatihan ini merupakan program rutin perusahaan yang mana dilaksanakan di 2 tempat yakni di Tanah Raja Estate, tanggal 30 Desember 2013 dan di Bakrie Agriculture Research Institute ( BARI ), tanggal 27 Desember 2013.

Simulasi Kebakaran

Pelatihan Kebakaran

Aku berharap, ke depan program2 QHSE bisa lebih optimal dilaksanakan sehingga budaya K3 juga semakin baik dengan indicator berkurangnya kecelakaan kerja di tempat kerja.

Semoga bermanfaat,
Andi Wahyudin
QHSE Officer
PT Bakrie Sumatera Plantations

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: