c. OHSAS / SMK3

Istilah dalam HSE Statistic

Assalamualaikum Wr Wb.
Rekan2 QHSE yang saya banggakan, di jam 00.20 WIB ini, berikut saya posting topik terkait istilah2 dalam laporan HSE Statistic. Ya, salah satu tugas dari seorang HSE Officer adalah membuat HSE Statistics yang berisi performance HSE untuk direview setiap bulan. Karena udah ngantuk dan harus segera tidur… Langsung saja,ya disimak… Agar dikomentari jika ada yang kurang definisinya. OK!

1. Near Miss adalah Suatu kejadian tidak diinginkan, diharapkan yang bila keadaannya sedikit saja berbeda dapat mengakibatkan luka pada Manusia, kerusakan Harta benda atau kerugian Proses.

2. First Aid Case adalah kasus kecelakaan kerja yang dalam perawatan lukanya tidak membutuhkan penanganan dari tenaga medis yang professional ( perawat/dokter ), cukup first aider ( Petugas P3K ) yang sudah diberikan pelatihan.

3. Medical Treatment Case ( MTC ) adalah kasus kecelakaan kerja yang membutuhkan perawatan lukanya dari tenaga medis yang professional ( perawat/dokter ). Kasus ini tidak bisa ditangani hanya sekedar pertolongan pertama pada kecelakaan ( First Aid ). Dalam kasus ini tidak menyebabkan kehilangan waktu kerja pada shift/hari berikutnya.

4. Restricted Work Case ( RWC ) adalah kasus kecelakaan kerja yang mana korban tidak dapat bekerja secara normal di bagiannya atau ditugaskan untuk bekerja di jenis pekerjaan lainnya pada shift/hari berikutnya setelah kecelakaan.

5. Lost Workdays Case ( LWC ) adalah kasus kecelakaan kerja atas rekomendasi tenaga medis professional memerlukan perawatan intensif lukanya sehingga pekerja tidak mampu melaksanakan tugas-tugasnya atau kembali bekerja pada hari-hari berikutnya sesuai jadwal.

6. Permanent Partial Dissability ( PPD ) adalah kasus kecelakaan kerja yang menyebabkan si pekerja mengalami ketidakmampuan fisik/fungsi sebagian dan bersifat permanent seperti kehilangan satu mata/penurunan fungsi penglihatan, kehilangan satu tangan dan lainnya.

7. Permanent Total Dissability ( PTD ) adalah kasus kecelakaan kerja yang menyebabkan si pekerja mengalami ketidakmampuan fisik total dan bersifat permanent. Seperti kehilangan pengelihatan, kehilangan ingatan dan lainnya.

8. Fatality adalah kasus kecelakaan kerja yang menimbulkan kematian pada si pekerja.

9. Lost Time Injury ( LTIs ) adalah jumlah dari Fatality + PTD + PPD + LWC.

10. Total Recordable Case ( TRC ) adalah jumlah dari LTIs + RWC + MTC.

11. Environment Damage adalah kecelakaan kerja yang menyebabkan kerusakan lingkungan secara langsung seperti tumpahnya minyak ke perairan.

12. Property Damage adalah kasus kecelakaan yang menyebabkan kerusakan property/asset perusahaan seperti ledakan atau kebakaran tangki.

Semoga bermanfaat,
Salam QHSE
Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

4 thoughts on “Istilah dalam HSE Statistic

  1. wah terima kasih banyak atas informasinya…
    saya ingin tau lebih banyak mengenai QHSE ini ….
    apa boleh berbagi format laporan yang dimaksud dari artikel diatas…
    terima kasih🙂

    Posted by Mimil | 16 Januari 2014, 4:42 am
  2. thanks ya atas postingannya sangat bermanfaat

    Posted by Riki alfonso | 20 Mei 2014, 7:27 am
  3. mohon ditambah untuk definisinya occupational illness pak.
    terima kasih.
    salam k3

    Posted by carsilah | 13 Mei 2016, 9:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: