c. OHSAS / SMK3

Kesalahan Pemasangan APAR

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bagaimana kabar rekan 2 QHSE ? semoga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada malam ini sebelum si dede kecil bangun ( mo lembur,nih… karena punya baby baru, usia baru 3 minggu … hehehe…), saya mau memposting artikel terkait kesalahan dalam pemasangan/penempatan Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ). Cekidot ya, gan…🙂🙂🙂 notes : baru tahu,nih arti “cekidot” yang sebenarnya terjemahan dari frase Check it Out = silahkan dilihat.

GAMBAR 1

salah apar 2GAMBAR 2

salah apar 1

Klo kita memasang APAR seperti gambar diatas, kita pasti akan mendapat temuan alias NCR ( Non Conformity Report ) ketika dilakukan audit sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ). Lho, apa yang salah,ya??? acuan pemasangan APAR , gimana sih ???… pertanyaan2 tersebut, pastinya akan kita tanyakan ke auditor yang mengenakan temuan tersebut.

Ketentuan Pemasangan APAR
Dalam pemasangan APAR, kita merujuk kepada Peraturan Menteri no.PER 04/MEN/1980 tentang Syarat2 Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan dimana Pasal 8 berbunyi sebagai berikut :

Pasal 8
Pemasangan alat pemadam api ringan harus sedemikian rupa sehingga bagian paling atas (puncaknya) berada pada ketinggian 1,2 m dari permukaan lantai kecuali jenis CO2 dan tepung kering (dry chemical) dapat ditempatkan lebih rendah dengan syarat, jarak antara dasar alat pemadam api ringan tidak kurang 15 cm dan permukaan lantai.

Yah..ternyata untuk APAR standar pemasangannya berada pada ketinggian 1,2 m dari permukaan lantai. Klo APAR jenis CO2 dan Dry Chemical Powder ( DCP ), dapat diletakkan lebih rendah, dengan syarat tidak kurang dasar APARnya 15 cm dari permukaan lantai.

Oke…sudah faham kan rekan2 QHSE terkait ketentuannya??? Nah, berkaitan dengan follow up temuan audit tadi, tentunya kita harus menyesuaikan pemasangan APAR dengan regulasi yang ada.

Temuan Audit

Semoga bermanfaat,
Salam QHSE
Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Kesalahan Pemasangan APAR

  1. Asslammualaikum
    Dear Pak Andi
    Saya mau tanya, apakah di dekat Genset harus disediakan apar?
    Apakah ada peraturan tempat atau pada kondisi apa saja yang harus menyediakan apar?
    Mohon dijawab ya pak.
    Terimakasih
    Wassalam

    Posted by yenifarwat22 | 2 Oktober 2014, 4:16 am
  2. waalaikumussalam… genset, tetap disediakan di area panelnya, direkomendasikan pake APAR yg medianya CO2, jangan dry Chemical.

    Posted by andi wahyudin | 2 Oktober 2014, 5:43 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: