b. ISO 14001

PP Lingkungan dalam SML

Assalamualaikum Wr Wb…
Di hari Jumat yang cerah tanpa ada gangguan pencemaran ASAP kebakaran lahan, saya akan posting artikel dengan topik “ PP Lingkungan dalam SML “. Yah, bagi rekan2 QHSE yang sudah lama berkecimpung dalam implementasi Sistem Manajemen Lingkungan ( SML ) ISO 14001:2004, tentunya sudah mengetahui kewajiban2 apa saja yang harus dilakukan oleh organisasi/perusahaan terkait Peraturan Perundangan ( PP ).

Adapun Kewajiban organisasi terkait PP Lingkungan dalam SML ISO 14001:2004 adalah sebagai berikut :

1. Mengidentifikasi PP Lingkungan
Kewajiban ini tertuang dalam Klausul 4.3.2 Persyaratan Peraturan Perundangan-Undangan dan Lainnya. Berikut saya tampilkan snapshot klausulnya.

Pic. 1

iso 14001

2. Mengevaluasi PP Lingkungan
Kewajiban untuk mengevaluasi PP Lingkungan tertuang dalam Klausul 4.5.2 Evaluasi Penaatan. Berikut saya tampilkan snapshot klausulnya.

Pic. 2

iso 14001 2
Dalam implementasi 2 kewajiban ini, organisasi bisa membuatnya dalam 2 formulir yakni Formulir 1. Daftar  Identifikasi Peraturan Perundang-Undangan Lingkungan dan Formulir 2. Evaluasi Peraturan Perundang-undangan Lingkungan atau bisa digabungkan menjadi 1 Formulir yakni Identifikasi dan Evaluasi Peraturan Perundangan-Undangan Lingkungan. Berikut saya berikan contohnya :

Pic. 3

identifikasi PP
Nah, gimana rekan2 QHSE, cukup jelaskan keterangan dari artikel saya?. Untuk melengkapi, artikel diatas. Ternyata pada Pic. 3, ada penampakan yang aneh dan kurang jelas..Apa hayoooo???🙂 …Yah, ternyata Peraturan KEPKA BAPEDALDA no 05 Tahun 1995 tentang Simbol dan Lambang Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun sudah EXPIRED alias KADALUARSA. Nah, rekan2 QHSE, harus segera merubah daftar PP-nya,ya…Klo tidak, nanti bisa menjadi temuan audit. Adapun pengganti KEPKA BAPEDALDA no 05 Tahun 1995 adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup no 14 Tahun 2013 tentang Simbol dan Lambang Bahan Berbahaya dan Beracun yang mulai berlaku tanggal 13 Januari 2014. Klik disini untuk mendownloadnya. Berikut saya tampilkan Resume peraturan tersebut.

Pic.4

PerMenLH-No-14-tahun-2013-a
Moga bermanfaat,
Salam QHSE
Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Simbol Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun ( LB3 ) | abunajmu - 14 Maret 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: