c. OHSAS / SMK3

Engineering Control

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar rekan-rekan QHSE Indonesia ? semoga dalam keadaan sehat wal afiat penuh kebarakahan hidup. Sudah cukup lama, ya… ngga berbagi lewat blog ini. Memang menjaga komitmen dan konsistensi itu, memang tidak mudah. Saya penginnya, setiap 3 hari sekali bisa berbagi lewat postingan artikel QHSE di blog ini. Namun, terkadang kesibukan dan rasa malas menghalangi itu. Jadinya, blog ini, paling banter 2 sampai 3 postingan per bulan yang bisa saya buat. Walaupun demikian, masih bersyukur, diberi kekuatan untuk bisa memberi secuil kontribusi untuk negeri ini melalui kampanye QHSE. Oke, langsung aja,ya…

Di awal April 2014 ini, saya mau sedikit sharing nih tentang Engineering Control ( Pengendalian Teknik ). Yup, dalam konsep Manajemen Resiko K3 dikenal hirarki pengendalian resiko K3 seperti terlihat dalam gambar berikut :

HIRARKI PENGENDALIAN RESIKO K3

Hirarki_kontrol_sumber_bahayaKita dapat memilih jenis pengendalian resiko untuk mengendalikan resiko bahaya di tempat kerja. Pilihan pengendaliannya berupa 1) Eliminasi, 2) Substitusi, 3) Pengendalian Teknik, 4) Pengendalian Administratif dan 5) Alat Pelindung Diri. Kita bisa memilih satu jenis pengendalian atau beberapa jenis pengendalian untuk mengendalikan satu resiko bahaya K3. Pemilihan hirarki pengendalian memberikan manfaat secara efektifitas dan efesiensi sehingga resiko menurun dan menjadi resiko yang bisa diterima (acceptable risk) bagi suatu organisasi.

Kali ini, saya mau memberikan contoh jenis pengendalian berupa Pengendalian tehnik/engineering control. Pengendalian ini dilakukan bertujuan untuk memisahkan bahaya dengan pekerja serta untuk mencegah terjadinya kesalahan manusia. Pengendalian ini terpasang dalam suatu unit sistem mesin atau peralatan. Contoh implementasi metode ini misal adalah adanya penutup mesin/machine guard. Berikut saya upload gambarnya :

Kondisi AwalKondisi Sesudah

Semoga bermanfaat,

Salam QHSE

Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

One thought on “Engineering Control

  1. Listing of constructive practices to learn more about watch before you’re left behind.

    Posted by サングラス RayBan | 8 Juli 2014, 4:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: