f. QHSE Stories

NC SMK3 ” 2.3.3 “

Prosedur PPAssalamualaikum Wr. Wb.

Tak terasa sudah memasuki akhir November 2014. Tak terasa telah lama juga ngga update blog abunajmu.wordpress.com ini. Semoga ke depan bisa diberikan keistiqomahan dalam berbagi ilmu di blog ini. Malam ini, saya mau posting artikel terkait hasil eksternal audit Sistem Manajemen K3 ( SMK3 ) yang dilaksanakan tanggal 12 – 14 November 2004 oleh SUCOFINDO. Walaupun dari hasil audit, perusahaan kami mendapat nilai yang MEMUASKAN ( Bendera Emas ) dengan pencapaian nilai 87%, kami agak kurang puas dengan hasil auditnya karena banyaknya Non Conformity ( NC ) alias ketidaksesuaian. Namun, kami sadar bahwa yang namanya audit mempunyai tujuan akhir berupa perbaikan berkelanjutan ( Continual Improvement ). Kami pun harus memperbaiki system yang masih kurang disana-sini ke depan.

Salah satu NC SMK3 yang kami terima adalah terkait dengan Prosedur yang belum memasukan PP 50/2012 tentang SMK3 didalam referensinya. Salah satu Prosedur yang ditinjau adalah Prosedur Identifikasi Peraturan Perundang-undangan dan Persyaratan Lainnya. Kriteria NC SMK3 PP 50/2012 yang dikenakan adalah sebagai berikut :

Kriteria SMK3 PP 50/2012 Kriteria 2.3.3 Persyaratan pada peraturan, standar, pedoman teknis, dan persyaratan lain yang relevan dibidang K3 dimasukkan pada prosedur-prosedur dan petunjuk-petunjuk kerja.

Sebenarnya sudah dijelaskan bahwa semua dokumen di perusahaan kami, masih dalam proses integrasi ( menggabungkan ) sistem yang diimplementasikan mulai dari ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, SMK3, RSPO & ISPO. Beberapa prosedur integrasi yang telah selesai dibuat, juga kami tunjukan. Namun Auditor tidak dapat menerima alasan itu. Dengan alasan dalam Audit SMK3 tidak ada OBSERVASI, maka Auditor tetap mengenakan NC untuk kasus ini. Hufft… Harus menghela nafas panjang, karena ratusan prosedur dan instruksi kerja harus segera kami percepat proses integrasinya🙂 .

Semoga bermanfaat,
Salam QHSE
Andi Wahyudin

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: