b. ISO 14001

Mekanisme Pengelolaan Limbah B3

Assalamualaikum Wr Wb,

Amindy BarakahSelamat sore, rekan2 Quality, Health Safety, Environment ( QHSE ) ?…. Bagaimana kabarnya semua ? Semoga selalu dalam keadaan aman dan sehat selalu, penuh keberkahan hidup dari ALLAH Swt. Amin. Di sore dengan cuaca yang mendung disini, saya mau posting artikel tentang Mekanisme Pengelolaan Limbah B3. Langsung aja,ya….Bagi perusahaan yang sudah menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001-2004 atau ikut dalam kegiatan PROPER ( Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan ) dari Kementrian Lingkungan Hidup atau ikut sertifikasi RSPO ( Roundtable on Sustainable Palm Oil ) atau ISPO ( Indonesia Sustainable Palm Oil ), maka diharuskan melakukan pengelolaan limbah B3 yang dihasilkannya. Dalam peraturan terbaru yakni Peraturan Pemerintah no 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun ( Limbah B3 ) dinyatakan dalam pasal 3 bahwa ” Setiap Orang yang menghasilkan Limbah B3 wajib melakukan Pengelolaan Limbah B3 yang dihasilkannya.“. Adapun definisi PENGELOLAAN LIMBAH B3 adalah kegiatan yang meliputi pengurangan penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan, dan/atau penimbunan.

 

Baiklah saya akan sajikan tentang Mekanisme Pengelolaan Limbah B3. Setiap perusahaan dapat berbeda tipenya dalam pengelolaan limbah yang dihasilkannya.

TIPE 1

PENGELOLAAN LIMBAH B3_001TIPE 2

PENGELOLAAN LIMBAH B3_002 Nah, rekan2 QHSE…. apa itu pengertian penghasil, pengumpul, pemanfaat, pengolah dan penimbun? OK, saya sampaikan dibawah ini :

1. Penghasil Limbah B3 adalah Setiap Orang yang karena usaha dan/atau kegiatannya menghasilkan Limbah B3.

2. Pengangkut Limbah B3/transporter adalah badan usaha yang melakukan kegiatan Pengangkutan Limbah B3.

3. Pemanfaat Limbah B3 adalah badan usaha yang melakukan kegiatan Pemanfaatan Limbah B3.

4. Pengolah Limbah B3 adalah badan usaha yang melakukan kegiatan Pengolahan Limbah B3.

5. Penimbun Limbah B3 adalah badan usaha yang melakukan kegiatan Penimbunan Limbah B3.

Semoga cukup jelas informasi yang saya berikan.

Terima Kasih,

Salam QHSE

Andi Wahyudin

 

About andi wahyudin

Spesialist for Quality , Health, Safety & Environment ( QHSE) Rubber & Palm Oil Plantations

Diskusi

2 thoughts on “Mekanisme Pengelolaan Limbah B3

  1. klo dilihat dari gambar alurnya simple ya..gk tau nih pas pengerjaan seperti apa..hehe…

    Posted by ulin indonesia | 27 Januari 2015, 6:03 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: